A.
Apa itu SIA
Sebelum mengetahui apa itu Sistem Informasi Akuntansi
(SIA), kita harus mengerti dulu apa itu sistem.
-
Sistem
adalah sekelompok unsur/variabel yang saling berhubungan satu sama lain untuk mencapai
target/tujuan tertentu. Sistem dibuat untuk memudahkan suatu pekerjaan yang
dilakukan berulang kali secara rutin.
-
Informasi
adalah data yang didapatkan dari lapangan untuk diolah serta dijadikan dasar kuat
untuk pengambilan keputusan.
Lalu apa itu sistem informasi akuntansi?
Sistem informasi Akuntansi adalah
proses untuk mengumpulkan data, memproses data menjadi informasi, dan
mendistribusikan informasi itu kepada pengguna. Tujuan dari sistem informasi
akuntansi adalah untuk mengumpulkan, menyimpan, dan mengolah data keuangan dan
akuntansi guna menghasilkan laporan atau informasi yang dapat digunakan oleh
pihak yang berkepentingan untuk membuat keputusan bisnis.
B. Mengapa kita mempelajarai SIA?
1. Karena mudah mengambil keputusan
2. Karena bisa mengetahui bagaimana menyiapkan
data data keuangan dan non keuangan untuk menjadi informasi yang akurat
3. Bisa mengetahui bagaimana melakukan
kontrol terhadap Aset yang dimiliki organisasi
C.
Peran sistem
informasi akuntansi dalam rantai nilai (value
chain)
Pada umumnya organisasi
bertujuan menyediakan nilai untuk pelanggan. Hal tersebut membutuhkan
pelaksanaan berbagai kegiatan yang berbeda-beda, dan dapat dikonseptualisasikan
dalam bentuk rantai nilai (value chain).
Rantai nilai organisasi terdiri dari lima aktivitas utama (primary activities) yang secara langsung memberikan nilai kepada para pelanggannya, yaitu:
Rantai nilai organisasi terdiri dari lima aktivitas utama (primary activities) yang secara langsung memberikan nilai kepada para pelanggannya, yaitu:
1.
Inbound logistict
terdiri dari penerimaan, penyimpanan,
dan distribusi bahan-bahan masukan yang digunakan oleh organisasi untuk
menghasilkan produk dan jasa yang dijualnya
2. Operasi (operations)
adalah aktivitas-aktivitas
yang mengubah masukan menjadi jasa atau produk yang sudah jadi.
3. Outbond logistics
adalah aktivitas-aktivitas
yang melibatkan distribusi produk yang sudah jadi ke para pelanggan.
4. Pemasaran dan penjualan
mengarah pada
aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan membantu para pelanggan untuk
membeli jasa atau produk yang dihasilkan organisasi.
5. Pelayanan (service)
memberikan dukungan
pelayanan purna jual kepada para pelanggan.
Organisasi juga melaksanakan berbagai aktivitas pendukung (support activities) yang memungkinkan kelima aktivitas utama tersebut dilaksanakan secara efisien dan efektif. Aktivitas-aktivitas pendukung tersebut
Organisasi juga melaksanakan berbagai aktivitas pendukung (support activities) yang memungkinkan kelima aktivitas utama tersebut dilaksanakan secara efisien dan efektif. Aktivitas-aktivitas pendukung tersebut
D.
SIA dan Strategi Korporat
Sistem informasi Akuntansi adalah
proses untuk mengumpulkan data, memproses data menjadi informasi, dan
mendistribusikan informasi itu kepada pengguna. Tujuan dari sistem informasi
akuntansi adalah untuk mengumpulkan, menyimpan, dan mengolah data keuangan dan
akuntansi guna menghasilkan laporan atau informasi yang dapat digunakan oleh
pihak yang berkepentingan untuk membuat keputusan bisnis.
Strategi
Korporat
Strategi
Korporat adalah pendekatan yang dilakukan oleh suatu oraganisasi bisnis untuk
merealisasikan visinya sehingga dapat memberikan nilai kepada pemakainya secara
berbeda dibandingkan para pesaingnya.
Terdapat
4 Komponen yang harus ada dalam membentuk strategi korporat :
1. Tujuan
yang akan dicapai.
2.
Strategi yang akan digunakan untuk mencapainya.
3. Taktik
atau cara dimana sumber daya akan digunakan.
4. Sumber daya yang dimiliki.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar