A.
KEGIATAN
BISNIS DAN KEBUTUHAN INFORMASI
Dalam mencapai tujuan
organisasi, perusahaan melakukan kegiatan-kegiatan bisnisnya. Kegiatan bisnis
yang dilakukan setiap perusahaan berbeda-beda, oleh karena itu kebutuhan akan
informasi masing-masing perusahaan juga berbeda-beda pula. Karena informasi
yang dibutuhkan oleh setiap perusahaan berbeda, maka desain penghasil informasi
juga berbeda-beda.
Definisi Proses adalah sekumpulan tindakan
mulai dari masukan, kemudian menambahkan nilai untuk mendapatkan keluaran yang
diinginkan. Ada awal, ada akhir, serta masukan dan keluaran didefinisikan
dengan jelas.
Definisi Bisnis adalah untuk menciptakan
hasil yang memiliki nilai (value) untuk seseorang konsumen) yang membutuhkan
hasil tersebut.
Proses Bisnis adalah Sekumpulan tugas atau
aktivitas untuk mencapai tujuan yang diselesaikan baik secara berurut atau
paralel, oleh manusia atau sistem, baik di luar atau di dalam organisasi .
a. The revenue cycle (Siklus
Pendapatan)
siklus pendapatan mencakup kegiatan penjualan
dan penerimaan dalam bentuk uang tunai
b. The expenditure cycle
(Siklus Pengeluaran)
siklus pengeluaran mencakup kegiatan
pembelian dan pembayaran dalam bentuk uang tunai
c. The human resources/payroll
cycle (Sumber Daya Manusia/Siklus Penggajian)
siklus penggajian sumber daya manusia
mencakup kegiatan emngontrak dan menggaji pegawai
d. The production cycle
(Siklus Produksi)
siklus
produksi mencakup kegiatan mengubah bahan mentah dan buruh menjadi produk jadi
e. The financing cycle (Siklus
Pembiayaan)
siklus keuangan mencakup kegiatan untuk
mendapatkan dana dari investor dan kreditor dan membayar mereka kembali
Inilah
tinjauan menyeluruh kegiatan
bisnis, keputusan utama, dan kebutuhan
infromasi pda tabel di bawah ini
infromasi pda tabel di bawah ini
B.
Sistem Pemrosesan Transaksi Dokumen dan
Prosedur
Sistem Pemrosesan
transaksi(Transaction Processing System disingkat TPS) adalah system yang
menjadi pintu utama dalam pengumpulan dan pengolahan data pada suatu
organisasi. Sistem yang bre-interaksi langsung dengan sumber data(misalnya
pelanggan) adalah system pengolah transaksi, dimana data transaksi sehari-hari
yang mendukung operasional prganisasi dilakukan. Tugas utama TPS adalah mengumpulkan
dan mempersiapkan data untuk keperluan sistem informasi yang lain dalam
organisasi misalnya untuk kebutuhan sistem informasi manajemen, atau kebutuhan
sistem informasi eksekutif.
Prosedur Penjualan. Pada
pemrosesan secara real-time, staf penjualan menerima pesanandari pelanggan dan
memproses setiap transaksi secara terpisah pada saat itu juga. Denganmenggunakan
terminal komputer yang terhubung ke sistem pesanan penjualan, stafmelaksanakan tugas dibawah
ini secara real-time:
1.
Sistem
mengakses file pembantu dan memeriksa ketersediaan barang. Sistem inikemudian
memeriksa kredit dengan menelusuri data kredit pelanggan di file piutangpiutang dagang
2.
Jika kredit
disetujui, sistem memperbarui saldo pelanggan saat ini untukmerefleksikan
penjualan tersebut dan mengurangi persediaan sesuai dengan jumlahbarang yang
terjual guna menunjukkan jumlah yang akurat dari jumlah persediaanyang dimiliki dan yang
tersedia untuk dijual.
3.
Sistem secara
otomatis mengirim pesan elektronik ke gudang dan dokumenpengiriman ke
departemen pengiriman, dan mencatat penjualan pada file penjualanyang belum dipenuhi.
Prosedur Penggudangan. Terminal
komputer staf penggudangan segera mencetak dokumen pengeluaran
barang yang dikirim secara elektronik. Kemudian staf mengambil barang danmengirimkannya,
bersama dengan salinan dokumen pengeluaran barang, ke departemenpengiriman.Departemen Pengiriman. Staf pengiriman mencocokkan barang, dokumen
pengeluaranbarang, dan slip
pengepakan yang dibuat oleh terminal komputer. Staf kemudian memilihkurir dan menyiapkan barang untuk dikirim. Dari
terminal komputer ini, staf mengirimkandokumen
pengiriman kek komputer pusat yang berisi tanggal pengiriman dan biayapengiriman. Staf pengiriman memperbarui record
pesanan penjualan secara real-time danmemasukkan
nilai Y pada field TUTUP, yang menandakan penutupan pesanan penjualan.
C. Menyediakan Informasi untuk Pengambilan Keputusan
Menyediakan informasi yang berguna untuk
pengambilan keputusan bagi manajemen. Walaupun informasi yang disediakan dalam
bentuk laporan tercetak atau dalam bentuk tampilan komputer, informasi yang
disediakan SIA terbagi dalam dua kategori, yaitu: laporan keuangan dan laporan
manajerial.
-
Laporan keuangan didesain bagi pihak luar dalam
mengambil keputusan untuk memberikan kredit atau berinvestasi dalam organisasi.
-
Laporan manajerial adalah sejenis laporan yang bertalian
dengan urusan tertentu dalam lingkungan suatu organisasi formal yang dibuat
untuk keperluan pimpinan organisasi untuk membuat keputusan dan selanjutnya
melakukan tindakan.
Secara rinci laporan manajerial mempunyai
peran sebagai berikut :
1. Bagi organisasi laporan manajerial
memberikan gambaran menyeluruh bagi perkembangan organisasi serta kelebihan dan
kekurangannya.
2. Bagi pelaksana tugas, laporan manajerial
dapat menunjukkan sesuatu yang perlu disempurnakan untuk kegiatan organisasi.
3. Bagi manajer, laporan manajerial
dapat menyediakan berbagai data untuk membuat keputusan dan tindakan
selanjutnya.
4. Bagi petugas organisasi sebagai
pelaksana, laporan
manajerial dapat menjadi sarana untuk menyampaikan kesimpulan penting dan
menyampaikan gagasan baru kepada atasannya.
D.
Pertimbangan-Pertimbangan
Pengendalian Internal
Pengendalian internal
merupakan suatu proses untuk mencapai tujuan tertentu. Pengendalian intern itu
sendiri bukan merupakan suatu tujuan. Pengendalian intern merupakan suatu
rangkaian tindakan yang bersifat pervasif dan menjadi bagian tidak terpisahkan,
bukan hanya sebagai tambahan, dari infrastrukstur entitas.
Pertimbangan
Pengendalian Internal memiliki 3 tujuan dasar, yaitu ;
1.
Memastikan
informasi yang dapat diandalkan
2.
Memastikan
bisnis yang kegiatannya dilakukan secara efisien
3.
Menjaga
aset organisasi

Tidak ada komentar:
Posting Komentar